Wednesday 12 December 2012

Sejarah Sistem Operasi Berbasis Macintosh

Leave a Comment
Sistem Operasi Berbasis Macintosh

Macintosh Operating System (MAC OS) merupakan system operasi computer yang dibuat oleh Apple. Apple yang sebelumnya bernama Apple Computer, Inc adalah sebuah perusahaan silicon valley yang bergerak di bidang computer.

MAC OS merupakan OS yang pertama menggunakan system GUI(Graphical User Interface). Para pemakai computer begitu takjub melihat macintosh yang snagat ramah melayani pemakai. Pemakai tidak perlu banyak menulis perintah, cukup menunjuk gambar yang ada. Mac OS dibuat khusus untuk computer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompabilitas dengan arsitektur PowerPC maupun X86.

Versi terakhir Mac OS saat ini adalah Mac Os X yang diluncurkan pada tahun 2000. Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Server mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.

0 comments:

BERKOMENTARLAH DENGAN BAIK DI BLOG INI !!!

PERATURAN BERKOMENTAR :

- JANGAN MENCANTUMKAN LINK HIDUP
- DILARANG MENCANTUNKAN BERISI UNSUR DEWASA
- JANGAN BERKOMENTAR BERMAKSUD MENGHINA
- BERILAH KRITIK DAN SARAN YANG BAIK
- KOMENTAR DARI ADMIN HARUS DIRESPON

*KOMENTAR ANDA HARUS DISETUJUI ADMIN DAHULU